Jumat, 25 Mei 2012

Wah, Mobil Irit Mahasiswa Targetkan 2.000 Km/Liter




Jakarta - 18 Tim mahasiswa dari 9 perguruan tinggi siap bertarung di ajang lomba hemat energi Shell Eco-maraton 2012 pada bulan Juli nanti.

Terdiri dari 8 mobil berkategori prototipe dan 10 mobil urban, mahasiswa memilih berbagai bahan bakar/sumber energi mulai dari bensin dan FAME (Fatty Acid Methyl Ester 100% semacam bahan bakar biodiesel) sampai baterai listrik dan Fuel Cell (hydrogen) di tahun ini. 

Tim dari ITS menargetkan bisa menembus angka konsumsi BBM 2.000 km per liter. Tim Cikal dari ITB dan Arjuna dari UI telah selangkah lebih maju tahun ini karena mereka membangun 'Plug-in electricity’ atau mobil listrik.

Setelah menang dalam kategori UrbanConcept berbahan bakar bensin di SEM Asia 2011, ITB mantap untuk berkiprah di kelas kategori kendaraan bertenaga baterai listrik yang mereka pandang sebagai teknologi kunci masa depan transportasi.

"Cakrawala adalah mobil listrik pertama yang kami bangun, kami mempelajari proses desain dan konstruksinya sendiri, namun dengan konsultasi intensif dengan para dosen kami. Tentunya keinginan kami adalah untuk menjadi salah satu yang terbaik dalam kategori UrbanConcept untuk kelas e-mobility," kata Purwindro Tjokrodipo, manajer tim Cikal Electric yang membuat mobil listrik Cakrawala.

Berbeda dengan Cikal Cakrawala, tim Arjuna dari UI akan bersaing di kategori Prototype untuk e-mobility.

"Kami merasa terdorong untuk mengembangkan sumber energi baru untuk transportasi masa depan," klaim Dimas Aji, tim manajer Arjuna. Mobil mereka, Keris V.4, ditargetkan mencapai 350km/kWh.

Sementara itu Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung yang merupakan peserta baru dari Indonesia di SEM Asia mengembangkan Kanayakan, sebuah kendaraan UrbanConcept yang berbahan bakar bensin.

"Tantangan terbesar dalam mengerjakan mobil ini adalah pengelolaan tim secara keseluruhan. Terutama merencanakan jadwal kerja yang akan sesuai dengan jadwal kelas, kerja praktek, dan tentunya batas waktu dari SEM Asia." 

"Karena tahun ini adalah kali pertama USU berpartisipasi dalam SEM Asia, target kami tahun ini adalah untuk lulus inspeksi teknis dan keselamatan agar bisa bertanding dalam sirkuit. Kami yakin bahwa mobil kami, Mesin-USU, akan siap untuk setiap tantangan yang muncul di Sepang," ujar Munawir Siregar dari tim HORAS USU. Horas juga akan berpartisipasi pada kategori UrbanConcept dengan bahan bakar bensin.

Berikut data kendaraan masing-masing tim mahasiswa:

1. ITS Sapu Angin-Mesin ITS 6

Spesiikasi
Sasis: Alloy aluminium
Body/Shell: Fiberglass/polyurethan foam
Dimensi (PxLxT): 280 cm x 75 cm x 65 cm
Wheelbase 135 cm
Berat 35 kg tanpa pengemudi
Mesin PEV-03 (Paijo Evolution 3, 65 cc)
Bahan Bakar Bensin
Target konsumsi BBM 2.000 Km/liter
Dosen: Dr Wawan Aries Widodo

2. ITS Sapu Angin 7-Mesin ITS 7

Sasis: Alloy aluminium
Body/Shell: Fiberglass/polyurethan foam
Dimensi (PxLxT): 260 cm x 125 cm x 115 cm
Wheelbase 160 cm
Berat 100 kg tanpa pengemudi
Mesin diesel 210 cc
Bahan Bakar FAME 100 persen
Target konsumsi BBM 300 Km/liter
Dosen: Ir Witantyo

3. ITS Antasena

Sasis: aluminium
Body/Shell: serat karbon/fiberglass
Dimensi (PxLxT): 250 cm x 70 cm x 70 cm
Wheelbase 165 cm
Berat 40 kg tanpa pengemudi
Mesin Fuel Cell (MefDEA 1 KW)
Sumber energi hidrogen
Target konsumsi BBM 2.000 Km/KWh
Dosen: Sutarsis ST MSc, Eng

4. UGM Semar Prototipe

Sasis: Alloy aluminium
Body/Shell: Serat komposit
Dimensi (PxLxT): 280 cm x 65 cm x 100 cm
Wheelbase 188 cm
Berat 60 kg tanpa pengemudi
Mesin 4 langkah 80 cc
Sumber energi bensin
Target konsumsi BBM 200 km per liter
Dosen: Dr Jayan Sentanuhady

5. UI Keris V.3-Nakoela

Sasis: Monocoque
Body/Shell: Fiber
Dimensi (PxLxT): 273 cm x 80 cm x 80 cm
Wheelbase 187 cm
Berat 60 kg tanpa pengemudi
Mesin Honda 110 cc
Sumber energi bensin
Target konsumsi BBM 1.000 Km/liter
Dosen: Dr Ario Sunar Baskoro


6. UI Keris V.4 -Arjuna

Sasis: monocoque
Body/Shell: Fiber
Dimensi (PxLxT): 273 cm x 80 cm x 80 cm
Wheelbase 187 cm
Berat 55 kg tanpa pengemudi
Motor listrik
Target konsumsi BBM setara 350 km/KWh
Dosen Dr Ir Danardono A.S

7. UI Kalabia-Sadewa

Sasis: aluminium alloy
Body/Shell: fiberglass
Dimensi (PxLxT): 235 cm x 125 cm x 110 cm
Wheelbase 140 cm
Berat 90 kg tanpa pengemudi
Mesin Shogun 125 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 200 km per liter
Dosen: Prof Dr. Ir. Bambang Sugiarto M Eng

8. Politeknik Negeri Jakarta: Karina

Sasis: Cast iron hollow
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 250 cm x 130 cm x 130 cm
Wheelbase 148 cm
Berat 160 kg tanpa pengemudi
Mesin 25 cc
Sumber energi bensin
Target konsumsi BBM 200 km per liter
Dosen: Fuad Zainuri

9. USU: Mesin USU-Horas

Sasis: aluminium alloy
Body/Shell: fiberglass
Dimensi (PxLxT): 250 cm x 120 cm x 110 cm
Wheelbase 110 cm
Berat 180 kg tanpa pengemudi
Mesin 110 cc
Sumber energi bensin
Target konsumsi BBM 200 km per liter.
Dosen: Dr Himsar Ambarita

10. ITB: Cikal Cakrawala

Spesifikasi
Sasis: aluminium
Body/Shell: serat karbon
Dimensi (PxLxT): 270 cm x 130 cm x 120 cm
Wheelbase 100 cm
Berat 130 kg tanpa pengemudi
Motor listrik DLDC
Target konsumsi BBM setara 90 Km/KWh
Dosen: Dr Ir Agus Purwadi

11. ITB Rakata UEV EV.2 Rakata

Sasis: Full Monocoque
Body/Shell: Fiber carbon
Dimensi (PxLxT): 288 cm x 56 cm x 77 cm
Wheelbase 104 cm
Berat 60 kg tanpa pengemudi
Mesin 85 cc
Bahan Bakar Etanol
Target konsumsi BBM 600 km per liter
Dosen: Hisar Pasaribu Ph.D

12 ITB Cikal Cakrasvarna- Cikal

Sasis: Aluminium
Body/Shell: Serat karbon
Dimensi (PxLxT): 270 cm x 120 cm x 128 cm
Wheelbase 100 cm
Berat 130 kg tanpa pengemudi
Mesin ICE 110 cc
Bahan Bakar bensin
Target konsumsi BBM 130 km/liter
Dosen: Dr Sangriyadi Setio

13 ITB: Garuda -Cikal Diesel

Sasis: aluminium
Body/Shell: serat karbon
Dimensi (PxLxT): 280 cm x 110 cm x 130 cm
Wheelbase 187 cm
Berat 130 kg tanpa pengemudi
Mesin 219 cc bensin
Target konsumsi BBM 200 km per liter
Dosen: Prof Wiranto Arismunandar

14. Polnep: Khatulistiwa Line 2-Mesin Polnep 2

Sasis: St42
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 280 cm x 70 cm x 70 cm
Wheelbase 180 cm
Berat 40 kg tanpa pengemudi
Mesin Honda 100 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 1.500 km/liter
Dosen: Denny Wiyono ST


15. Polnep: Khatulistiwa Line 3-Mesin Polnep 3

Sasis: St42
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 235 cm x 125 cm x 110 cm
Wheelbase 140 cm
Berat 90 kg tanpa pengemudi
Mesin 110 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 300 km per liter
Dosen: Topan Prihantoro ST

16. Polman Bandung: Kanayakan-Kanayakan 21

Sasis: Steel
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 280 cm x 125 cm x 120 cm
Wheelbase 105 cm
Berat 135 kg tanpa pengemudi
Mesin ICE 125 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 600 km/liter
Dosen: Endjang Patriatna ST

17. UPI: Sangkuriang Medal-Boemi Siliwangi

Sasis: Aluminium
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 275 cm x 75 cm x 110 cm
Wheelbase 110 cm
Berat 80 kg tanpa pengemudi
Mesin 125 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 110 km/liter
Dosen: Dr Wowo Sunaryo M.Pd

18. UPI Tumang Medal-Putra Siliwangi

Sasis: Aluminium
Body/Shell: Fiberglass
Dimensi (PxLxT): 240 cm x 110 cm x 130 cm
Wheelbase 135 cm
Berat 150 kg tanpa pengemudi
Mesin 125 cc
Bahan bakar bensin
Target konsumsi BBM 300 km/liter
Dosen: Dr Wowo Sunaryo M.Pd





Tidak ada komentar:

Posting Komentar